Belajar Membuat WEB (HTML - Awal)

Apa itu HTML ?
Menurut Wikipedia
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Jika anda ingin membuat HTML, anda harus mempunyai software notepad dengan fitur lengkap, yang saya punya ada 2 yaitu :
Jika belum mempunyai software notepad silahkan langsung sedot saja, udah saya kasih link untuk download nya, jika sudah mempunyai software tersebut langsung saja membuat project baru atau lembar baru di softwarenya dengan coding sebagai berikut :

<html>
<head>
<title> Judul Dokumen HTML </title>
</head>
<body>
Isi Dokumen Web
</body>
</html>



Setelah itu simpan dengan format HTML (*.html;*.htm;*.shtml;*.xhtml;*.inc;*.tmpl;*.tpl)
simpan nama file sesuai yang anda inginkan, jika sudah tersimpan maka jadinya seperti ini


Silahkan dibuka dengan web browser yang telah tersedia di PC/Laptop, hasil yang ditampilkan sesuai yang telah tercatat di coding, baiklah anggap saja postingan ini hanya perkenalan awal untuk belajar HTML, selanjutnya akan saya posting untuk penggunaan tag paragraf, tag image, dan tag lain lainnya, terimakasih telah berkunjung ke Blog saya, senang berbagi ilmu dan SALAM PROGRAMMER !! see yaaaaaa !!

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/HTML

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Membuat WEB (HTML - Awal)"

Post a Comment